Budiaya Semangka di Subak Saih

  • 2018-08-08 09:10:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 3983 Pengunjung
Budiaya Semangka di Subak Saih

Semangka merupakan buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus, buah ini memiliki ciri rasa yang manis serta kandungan airnya yang sangat banyak, sehingga sangat nikmat di konsumsi di siang hari yang terik. Jika dilihat dari asal usul, buah ini berasal dari daerah Afrika bagian selatan dan masih termasuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae atau tanaman yang bersifat menjalar seperti halnya melon, labu dan mentimun.

Semangka merupakan buah yang bukan berasal dari daerah tropis, sehingga agar hasil budidaya dan menanam dapat memiliki hasil yang optimal kita perlu untuk mengetahui beberapa media dan faktor yang menjadi syarat penunjang dalam pertumbuhan Semangka. Faktor yang pertama adalah suhu, suhu ideal untuk penanaman semangka berkisar diangka ± 25 derajat Celcius.

Sementara curah hujan yang cocok rata-rata sekitar 40-50 mm/bulan, dengan intensitas penyinaran matahari merata selama satu hari penuh. Tanaman ini akan optimal hidup di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 100-300 mdpl, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa hidup di daerah yang memiliki ketinggian di bawah 100 mdpl seperti dataran rendah, atau di dataran tinggi yang memiliki ketinggian diatas 300 mdpl.

Budidaya penanaman semangka dilakukan di Subak Saih, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara dihadiri oleh PPL Wilbin Desa Dalung untuk memantau perkembangan tumbuh dan perawatan tanaman semangka.

Luas areal yang ditanam semangka berkisar 30 Hektar dengan penanaman yang berbagai tahapan sesuai dengan petunjuk menanam semangka.


Media


Budiaya Semangka di Subak Saih 

  • 2018-08-08 09:10:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 3983 Pengunjung