Gerakan Pengendalian Serangan Hama Penggerek Batang Padi

  • 2018-08-01 09:10:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 823 Pengunjung
Gerakan Pengendalian Serangan Hama Penggerek Batang Padi

Mangupura - Penggerek batang padi adalah hama yang tergolong pengganggu utama. Hama ini menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman mulai dari persemaian hingga menjelang panen.

Pada tanaman padi fase vegetatif, larva memotong bagian tengah anakan menyebabkan pucuk layu, kering mati dan gejalanya disebut sundep. Gejala serangan pada fase generatif berupa malai muncul putih dan hampa yang biasa disebut dengan beluk.

Di indonesia sampai saat ini telah dikenal empat jenis penggerek batang padi yaitu   :

1.  Penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas)

2.  Penggerek batang padi putih (Scirphophaga innotata)

3.  Penggerek batang padi jingga ( Sesamia inferens)

4.  Penggerek batang padi bergaris (Chilo supresalis)

Dalam memberikan pemahaman terhadap cara pengendalian hama maka pihak Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung megadakan kegiatan Gerakan Pengendalian serangan Hama Penggerek Batang Padi dan Hama Putih di Subak Ayunan, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal seluas 1,5 Ha dengan intensitas serangan 16% dan luas lahan yang terancam 35 Ha dengan umur Padi 51 hst.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan petani di subak tersebut sebanyak 25 orang dan dihadiri pula oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, serta Kepala UPT Pertanian dan Pangan Kecamatan Abiansemal, Kepala BPP Kecamatan Abiansemal, POPT Kecamatan Abiansemal dan PPL Desa Ayunan.


Media


Gerakan Pengendalian Serangan Hama Penggerek Batang Padi 

  • 2018-08-01 09:10:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 823 Pengunjung