Tips Berkebun Hemat Tapi Menguntungkan di Rumah

  • 2018-08-30 10:30:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 994 Pengunjung
Tips Berkebun Hemat Tapi Menguntungkan di Rumah

Berkebun di rumah merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat juga menyenangkan untuk mengisi waktu luang Anda. Namun demikian, Anda perlu mengetahui tips berkebun hemat agar tidak menghabiskan banyak biaya.

Seperti apakah tipsnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.  Hindari tumbuhnya rumput

Maksudnya, rumput yang tumbuh sebagai gulma atau tanaman yang tidak diinginkan. Rumput ini selain bisa mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya, juga akan lebih banyak menghabiskan waktu Anda untuk memangkas atau mencabutinya. Cara untuk menghindarinya, yaitu dengan menutup media tanam menggunakan kerikil atau seresah yang mungkin tetap bisa membuat lahan terlihat rapi.

2.  Menanam menggunakan pot

Pot bisa menjadi salah satu cara untuk Anda berkebun di rumah. Pot yang dimaksud di sini bukan berarti Anda harus membeli pot baru, tetapi bisa dengan menggunakan barang bekas yang bisa dijadikan untuk menanam.

Dengan menanam menggunakan pot, Anda juga bisa meminimalkan pemeliharaannya. Misalnya, gulma tidak akan tumbuh banyak serta penyiraman dan pemupukannya bisa lebih efektif untuk pertumbuhan tanaman.

3.  Hindari tanaman yang butuh banyak air

Kegiatan menyiram tanaman memang sangat mengasyikkan bagi kebanyakan orang. Namun, hal ini sering tidak disadari dan membuat kegiatan berkebun Anda menjadi boros air, terutama saat musim kemarau. Dengan menanam jenis tanaman yang tidak banyak membutuhkan air atau bahkan yang tahan terhadap cuaca panas akan membuat kegiatan berkebun Anda lebih hemat.

4.  Hindari jenis tanaman musiman

Cara ini perlu diperhatikan karena jika Anda memilih jenis tanaman yang tumbuh di musim tertentu saja, tanaman tersebut suatu saat akan mati dan Anda harus menanamnya lagi. Padahal, kegiatan menanam ulang tersebut akan membutuhkan biaya dan waktu yang lama. Oleh karena itu, perlu dipilih jenis tanaman yang kuat dan bisa bertahan di segala musim.

5.  Pilih tanaman dengan pertumbuhan lambat

Jika kegiatan berkebun memang sekadar untuk mengisi waktu luang, tips ini paling penting. Dengan membudidayakan tanaman yang pertumbuhannya lambat, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk merawat tanaman ini serta menghemat tenaga dan biaya ntuk jangka panjang. Anda tidak harus sering memangkas, menata, atau bahkan membersihkan daun yang gugur.

6.  Membudidayakan tanaman berumbi

Tanaman berumbi adalah jenis tanaman yang murah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tingkat keberhasilan menanam pun tinggi. Selain itu, Anda juga bisa memanen hasilnya jika tanaman umbi tersebut bisa dikonsumsi seperti umbi akar ketela pohon. Namun, jika kurang tertarik dengan jenis umbi akar tersebut, Anda bisa menanam jenis bunga berumbi seperti daffolis atau tulip yang memiliki tampilan lebih indah.

 

sumber  :  pertanianku.com

 


Media


Tips Berkebun Hemat Tapi Menguntungkan di Rumah 

  • 2018-08-30 10:30:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 994 Pengunjung