Buat Kreasi Pot Tanaman Hias dari Botol Bekas!

  • 2018-07-29 10:30:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 7343 Pengunjung
Buat Kreasi Pot Tanaman Hias dari Botol Bekas!

Bertanam identik dengan kebun. Akan tetapi, di wilayah perkotaan Anda pasti sulit menemukan lahan untuk berkebun. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan botol-botol bekas sebagai salah satu media tanam. Anda bisa membuat kreasi pot tanaman hias dari botol-botol bekas tersebut.

Mengingat ancaman akan bahaya efek rumah kaca yang kian mengkhawatirkan, saat ini tengah ramai gerakan go green atau kembali ke hijau dengan menanam pohon ataupun tanaman lainnya, minimal pada lingkungan rumah sendiri. Tanaman pada rumah tak hanya akan membuat rumah menjadi sejuk, tapi juga bisa sebagai hiasan yang indah. Tanaman memang membutuhkan perawatan setiap hari dengan menyiramnya.

Berikut ini bahan yang dibutuhkan dalam kreasi pot tanaman dari botol bekas.

  • Botol bekas minuman dengan ukuran 1,5 atau 2 liter
  • Paku untuk melubangi botol
  • Pisau atau gunting untuk memotong

Jika bahan sudah dipersiapkan, lanjut ke tahap pembuatan pot tanaman seperti berikut ini.

  1. Potong bagian tengah botol dengan menggunakan pisau atau gunting secara melingkar. Jangan dibuang terlebih dahulu sisa potongannya karena semua masih akan digunakan. Bagian bawah untuk wadah air, sedangkan bagian atas beserta tutupnya digunakan untuk media tanah serta akar tanaman.
  2. Lubangi bagian tutup botol dengan menggunakan paku. Lubang itu nantinya berfungsi sebagai jalan meresapnya air ke atas agar media tanah selalu basah atau lembap sehingga tanaman dapat tumbuh subur.
  3. Tambahkan empat lubang lagi pada empat bagian leher botol. Itu berfungsi untuk keluarnya air yang berlebihan pada media tanah sehingga bisa mencegah akar tanaman membusuk. Lubang tersebut juga berfungsi sebagai jalan air untuk mengisi bawah media tanah.
  4. Jika semua lubang sudah dibuat, balikkan posisi leher botol ke bawah kemudian masukkan pada bagian potongan bawah botol. Berikan tanda pada bagian luar botol sebagai parameter jarak antara ketinggian air sekitar 5 cm dengan tutup botol yang sudah terbalik tadi.
  5. Pada bagian tanda titik tersebut tambahkan empat lubang, tambahan lagi dengan jarak sama rata yang berfungsi sebagai jalan keluarnya air yang berlebih. Jika air terlalu tinggi justru dapat membuat tanaman menjadi mati.
  6. Kini pot tanaman Anda sudah siap dan tinggal memasukkan tanah dicampur dengan pupuk secukupnya baru ditaruh tanaman sesuai dengan pilihan Anda.

Demikian bahan dan penjelasan cara membuat kreasi pot tanaman dari botol bekas. Untuk lebih mempercantik pot tersebut, Anda dapat mengecatnya dengan berbagai warna pilihan agar tampak lebih indah.

 

 

Sumber  : pertanian.com


Media


Buat Kreasi Pot Tanaman Hias dari Botol Bekas! 

  • 2018-07-29 10:30:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 7343 Pengunjung