Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid 19 di Badung Selatan

  • 2020-06-18 09:30:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 555 Pengunjung
Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid 19 di Badung Selatan

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup dan melakukan aktivitas sehari-hari, Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau. Untuk tercapainya ketahanan pangan maka setiap rumah tangga diharapkan untuk mandiri pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan.
Kecamatan Kuta Selatan merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Badung dengan penghasilan tertinggi berasal dari pariwisata, namun ditengah pandemi covid 2019, masyarakat sangat merasakan dampaknya dengan tidak adanya penghasilan. Ini juga sangat mempengaruhi kebutuhan pangan, dengan pendapatan yang sangat jauh berkurang bahkan nyaris tidak ada, dan pelaksanaan social distancing membuat masyarakat kembali menyadari pentingnya menghasilkan pangan secara mandiri. Dari kesadaran tersebut maka masyarakat mulai memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur.
Bekerja sama dengan KAGAMA (Keluarga Gajah Mada) yang mempunyai program untuk ketahanan pangan,  UPT Pertanian, BPP dan Penyuluh Pertanian Kuta Selatan melakukan anjangsana dengan mengunjungi masyarakat baik perorangan maupun komunitas yang memanfaatkan lahan pekarangannya. KAGAMA memberikan bantuan benih dan bibit tanaman sayuran, Penyuluh Pertanian memberikan pendampingan dan penyuluhan mengenai pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman yang diperlukan rumah tangga setiap hari, antara lain cabe, tomat, sayur-sayuran sehingga untuk kebutuhan sayuran cukup terpenuhi dari lahan pekarangan tersebut.
Dari beberapa tempat di Kecamatan Kuta Selatan yang telah memanfaatkan pekarangannya atau lahan tidur, semua sangat bersemangat dan merasakan manfaat yang sangat besar dari hasil di pekarangan. Adapun lokasi yang didukung oleh KAGAMA antara lain di Kelurahan Tanjung Benoa, Komunitas Omah Ijo di Jimbaran, Pemanfaatan Lahan tidur di Gereja Katolik Puja Mandala, Lahan Fasos Fasum di Perumahan Griya Nuansa Pratama Jimbaran, Taman Giri, Desa Pecatu dan  Desa Ungasan.


Media


Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid 19 di Badung Selatan 

  • 2020-06-18 09:30:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 555 Pengunjung