Bimtek Pengolahan Pakan Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan di Kecamatan Petang

  • 2019-09-06 09:10:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 480 Pengunjung
Bimtek Pengolahan Pakan Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan di Kecamatan Petang

Badung - Dalam upaya pengembangan peternakan perlu didukung dengan penyediaan pakan/hijauan pakan yang berkualitas dalam jumlah yang mencukupi dan harga terjangkau oleh peternak. Pakan adalah salah satu sarana produksi yang sangat penting dan merupakan komponen tebesar dalam usaha budidaya ternak, dan berpengaruh langsung terhadap performance, produksi dan produktivitas ternak. Ketersediaan pakan sering menjadi masalah, terutama pada musim kemarau, sering terjadi kelangkaan, disamping persaingan penggunaan lahan juga menjadi permasalahan tersendiri. Potensi hasil samping (limbah) pertanian dengan jenis dan jumlah yang melimpah sangat potensial untuk mengatasi permasalahan pakan. Namun pemanfaatan hasil samping pertanian belum optimal, karena belum banyak dilakukan dan diketahui oleh peternak. Agar hasil samping pertanian tersebut dapat dimanfaatkan sepanjang tahun, diperlukan teknologi pengolahan, pengawetan dan penyimpanan, sehingga kualitas pakan akan tetap terjaga. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu diupayakan terobosan yang mengarah kepada ketahanan pakan lokal, agar efisiensi biaya pakan di tingkat kelompok tercapai. Salahsatu upaya tesebut adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis pengolahan pakan.

Maksud kegiatan Bimtek Pengolahan Pakan  adalah  :

- Sebagai wadah transfer pengetahuan untuk menciptakan kesadaran meningkatkan keterampilan beternak secara baik dan benar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani ternak dalam pengolahan pakan yang berbasis limbah  pertanian  dan     perkebunan  serta pemanfaatan limbah tersebut sebagai pakan ternak yang berkualitas.

-  Meningkatkan ketersediaan hijauan pakan ternak yang berkualitas terutama pada saat musim kemarau.

 

Target dan Sasaran  :

-   Terlaksananya bimtek pengolahan pakan berbasis limbah pertanian dan perkebunan serta termanfaatnya limbah tersebut sebagai pakan berkualitas di kelompok taniternak sapi Kecamatan Petang dan Mengwi. Adapun nama – nama peserta bimbingan teknis pengolahan pakan untuk mendukung UPSUS SIWAB, antara lain  :

1.    Kelompok Ternak Dharma Pertiwi

2.    Kelompok Ternak Manik Tirta Rahayu

3.    Kelompok Ternak Mula Sujati

4.    Kelompok Ternak Lila Mukti

5.    Kelompok Ternak Giri Santi


Media


Bimtek Pengolahan Pakan Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan di Kecamatan Petang 

  • 2019-09-06 09:10:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 480 Pengunjung