Panen Padi di Subak Legena

  • 2019-03-19 10:55:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 579 Pengunjung
Panen Padi di Subak Legena

Pagi ini menjadi hari yang istimewa bagi para petani di Subak Legena, Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Para ibu tani desa ramai-ramai datang di lahannya untuk melaksanakan panen padi.

Raut wajahnya nampak begitu cerah dan bahagia, seakan rasa capek disaat kegiatan penanaman dan pemeliharaan tanaman sirna karena hasil yang dicapai masa tanam okmar 2019 cukup menggembirakan. Luas panen padi hingga hari Senin, 18 Maret 2019 ini baru mencapai sekitar 6,0 hektar dari potensi sawah sekitar 58,0 hektar.

Namun memberikan rata-rata produktivitas padi varietas Ciherang mencapai 7,5 ton/hektar. Tidak seluruh hasil panen padi dikonsumsi petani namun sebagian ada yang menjualnya. Petani berharap harga pembelian gabahnya tetap stabil, tetapi harapan tetaplah harapan karena harga gabah sebelum hari raya nyepi bertengger pada Rp 5.200,-/kg namun pada hari ini harga gabah melorot tajam sekitar Rp 400,- hingga Rp 500,- per kilogramnya.

Penurunan harga gabah ini dibenarkan oleh pekaseh dan krama Subak Legena dimana harga gabah saat ini sekitar Rp 4.800,-/kg. Mudah-mudahan saja harga gabah ini dapat menutupi biaya usaha taninya yang semakin meningkat karena biaya tenaga kerja yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Walaupun demikian kegiatan panen padi di Subak Legena ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam berswasembada pangan (beras).

Salam Swasembada Pangan. By Jarek Putradi.


Media


Panen Padi di Subak Legena 

  • 2019-03-19 10:55:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 579 Pengunjung