Gerakan Masal Pengendalian Hama Penggerek Batang Padi Sawah

  • 2018-09-28 09:05:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 747 Pengunjung
Gerakan Masal Pengendalian Hama Penggerek Batang Padi Sawah

Hama penggerek batang adalah salah satu hama berbahaya pada tanaman padi, mengingat hama ini bisa menyerang tanaman padi mulai dari persemaian, fase vegetatif, fase generatif hingga menjelang panen. Kerugian yang besar dapat terjadi bila penerbangan ngengat bersamaan dengan fase tanaman bunting.

Adapun gejala serangan hama penggerek batang padi adalah, pada tanaman fase vegetatif, larva memotong bagian tengah anakan menyebabkan pucuk layu mengering dan pada akhirnya mati, selanjutnya pada fase generatif, menyebabkan malai muncul putih hampa mudah dicabut.

Upaya pengendaliannya dapat dilakukan dengan pengaturan pola tanam, pengendalian secara mekanis, pengendalian hayati dan pengendalian secara kimiawi.

Hama ini menyerang tanaman padi petani umur 15-20 hst, di Subak Bulan Munduk Abian Kapas, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, seluas 5 Ha, maka dilaksanakan gerakan pengendalian secara massal dengan menggerakan petani anggota Subak Bulan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 7 september 2018 jam 07.00 - 09.00 wita menghadirkan pekaseh subak bulan, para petani dikawal oleh penyuluh pertanian Desa Gulingan dan petugas POPT Kecamatan Mengwi, adapun pestisida yang digunakan untuk pengendalian insektisida anjuran jenis De-Star yang pengadaannya di bantu dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung sebanyak 50 botol ( @ 100 ml/btl ).

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan mengajak petani Subak Bulan, Munduk Abian Kapas, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung untuk melaksanakan pengendalian hama penggerek batang secara serentak mengingat tanaman sudah terserang hama penggerek batang, mengamankan tanaman padi yang terserang dan seranganannya tidak meluas.

Dengan memupuk rasa kebersamaan dalam Subak terutama dalam gerakan pengendalian hama dan penyakit tanaman padi sawah sehingga serangan OPT dapat dikendalikan, tanaman padi dapat menghasilkan secara optimal.


Media


Gerakan Masal Pengendalian Hama Penggerek Batang Padi Sawah 

  • 2018-09-28 09:05:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 747 Pengunjung