Festival Manggis di Desa Petang

  • 2018-09-28 08:05:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 619 Pengunjung
Festival Manggis di Desa Petang

Dalam rangka mempromosikan buah manggis sebagai buah asli Indonesia dan memberdayakan masyarakat lokal agar mampu berpartisipasi aktif serta meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat petani manggis. Kelompok Wanita Tani yang ada di Desa Petang bersama-sama Kelompok Sadar Wisata Tedung Sari menyelenggarakan Festival Manggis setiap tahun di Banjar Kerta Desa Petang Kabupaten Badung Profensi Bali.

Festival Manggis yang ke IV pada bulan Mei tahun 2018 ini,dibuka langsung oleh Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, hadir pula Ketua DPRD Badung Bapak Putu Parwata dan pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Bapak Bupati mengatakan," Kami akan terus mendorong dan memberdayakan para petani agar mereka bangga sebagai petani agar cita-cita kedaulatan pangan dapat terwujud ,sekaligus akan dapat mewujudkan Desa berdikari di Kabupaten Badung. Bapak Bupati juga bertekad menjadikan Desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Dibidang pertanian akan dilakukan kebijakan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir dengan dukungan teknologi pengolahan hasil. Bupati juga mengatakan : "Kedepan bila harga dari hasil Pertanian itu dibawah harga setandar ,maka kami akan subsidi, kalau diatas harga standar itu adalah keuntungan dari petani, jelas Bapak Bupati asal Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung ini.

Dalam Festival Manggis ini menampilkan beberapa kegiatan seperti, pengolahan buah manggis menjadi Wine Manggis yang mempunyai rasa unik enak dan khas, pembuatan teh herbal dari daun dan kulit manggis, petik buah manggis dikebun dan ada juga parade ogoh-ogoh yang bertemakan manggis serta lomba kuliner.

Permentasi buah manggis menjadi wine manggis yang menghasilkan cita rasa unik enak dan khas dari hasil permentasi buah manggis, selain wine manggis juga dihasilkan produk Spa Prebiotik yang sangat bagus untuk nutrisi kulit wajah dan tubuh manusia, karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Produk spa tersebut seperti: bedak dingin untuk kecantikan, sabun spa prebiotic, sabun cair lotion manggis yang merupakan produk turunan. Eksotika buah manggis yang disebut juga ratu buah tropis ternyata memiliki banyak khasiat kesehatan, menurut beberapa sumber yang terpercaya tanaman manggis telah banyak digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit seperti: diabetes, tumor, sakit maag, Wasir/ambien, darah rendah, kanker, alergi, thypus, demam berdarah dan lain lain.

 


Media


Festival Manggis di Desa Petang 

  • 2018-09-28 08:05:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 619 Pengunjung