Hama Wereng Coklat

  • 2022-10-11 20:10:00
  • Oleh: diperpa
  • Dibaca: 5629 Pengunjung
Hama Wereng Coklat

Wereng coklat (Nilaparvata lugens)merupakan  hama utama tanaman padi karena kerusakan yang diakibatkan cukup luas dan hampir menyerang setiap musim  tanam Penggunaan pestisida yang  tidak sesuai  dengan kaidah PHT dapat memicu ledakan Wereng coklat .  Hal ini juga merupakan konsekuensi dari penerapan intensifikasi yang selalu mengejar  indek pertanaman  > 200. Penurunan hasil akibat serangan wereng coklat tergantung intensitas serangan dari intensitas ringan sampai puso.

Kerusakan  yang disebabkan dapat terjadi secara langsung  maupun secara tidak langsung .Secara langsung werwng coklat mengisap cairan tanaman padi sehingga layu , mengering dan mati Secara tidak langsung  Wereng coklat sebagai vector penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa.

Gejala serangan yang nampak dari wereng coklat dapat dilihat dari daun tanaman padi daun menguning kemudian tanaman mengering dengan cepat seperti terbakar (hopper burn) .Pada hamparan tanaman yang  terserang wereng coklat  berbentuk lingkaran  yang menunjukkan pola penyebaran wereng coklat mulai dari satu

Langkah langkah   pencegahan wereng  coklat dapat dilakukan dengan cara  menggunakan varietas tahan ,penanaman serempak ,pergiliran varietas penggunaan pupuk berimbang  dan pengendalian dengan insektisida

 

Tindakan Pengendalian 

Tindakan preventif  tindakan pengendalian  secara preventif merupakan tindakan pencegahan yaitu dapat dilakukan  dengan cara:

Tanam serempak dalah areal yang luas minimal satu subak hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyebaran serangan wereng coklat

Pengamatan dini bertujuan untuk mengetahui keadaan agroekosistem dari tanaman padi dalam proses pengambilan keputusan .Pengamatan dilakukan setiap 1-2 minggu,apabila ditemukan  wereng coklat per rumpun sudah mencapai ambang ekonomi maka segera lakukan pengendalian dengan insektisida .

Lampu perangkap  merupakan lampu yang digunakan untuk memantuau migrasi dan pendugaan populasi serangga yang tertarik pada cahaya  yaitu wereng coklat . Hal hal yang perlu diperhatikan dalanmpenggunaan lampu perangkap adalah kontrasnya lampu yang di gunakan maka akan semakin luas jangkauan tangkapannya ,intensitas cahaya dapat mempengaruhi tingkat populasi hama, makin tinggi intensitas cahaya kecendrungan nya hama lebih tertarik.

 

Tindakan Kuratif

Adalah tindakan pengendalian yang dilakukan  dengan cara menggunakan sarana pengendalian  pestisida  yang direkomendasikan ,tindakan pengendalian ini merupakan langkah pengendalian yang arahnya  pembasmian . Langkh ini biasanya dilakukan dengan menggunakan insektisida  yang memiliki bahan aktif buprofen, BPMC, fipronil, amitraz, bupofresin, karbufuran, karbusulfan, metalkarb, MIPCI dan amidakloprid.

Penggunaan insektisida cair penyemprotan dilakukan seminggu sekali atau 10 hari sekali .Dalam pemakaian insektisida harus memperhatikan dosis  yang tertera pada setiap produk yang dianjurkan. Pengendalian sebaiknya dilakukan  pada  generasi nol (G0) dan generasi 1 (G1) dengan insektisida yang berbahan aktif seperti tersebut diatas . Apabila pengendalian terlambat maka maka akan terjadi serangan berat sampai puso.

Dalam pengendalian wereng coklat sebaiknya dikakukan secara cepat tepat  dan terkordinasi .Pengendalian dengan insektisida juga harus memperhatikan  6 tepat yaitu: tepat jenis, mutu,waktu,cara ,dosis/konsentrasi  dan sasaran.

 

Tindakan Reprensif

Dilakukan jika hama wereng  coklat sudah merupakan kejadian yang luar biasa dimana dalam satu wilayah hamparan hama ini sudah mengakibatkan kerusakan secara menyeluruh atau secara masal.Tindakan yang dapat dilakukan  adalah: pengeringan petakan sawah yang terserang,pencabutan,pembakaran seluruh tanaman yang terserang ,memilih varietas unggul baru yang lebih tahman pengaturan pola tanam yang bukan tanaman padi (palawija).Pada daerah daerah yang endeik wereng coklat biotipe  1 dapat dikendalikan dengan varietas membramo,widas dan cimalati.Sedangkan biotipe 2 dan 3 dapat menam varietas membramo,cigeulis dan ciapus .

Dengan penerapan pengendalian wereng coklat yang dilakukan seperti tersebut diatas diharapkan tingkat serangan wereng coklat  dapat ditekan dan tidak menimbulkan kerugian secara ekonomis. Akan tetapi sistem pengendalian  secara terpadu , terorganisir dan berkesinambungan ,sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengendalian hama wereng coklat .

 

 

Download HAMA WERENG COKLAT


Media


Hama Wereng Coklat 

  • 2022-10-11 20:10:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 5629 Pengunjung